Langsung ke konten utama

Orangtua itu siapa sih ?



Assalamualaikum
Bingung nih mau nulis apa ? tapi ada request ni dari temenku katanya aku disuruh posting tentang orang tua, awalnya sih nggak minat tapi aku rasa boleh jugalah. Hemm disuruh posting lagi sama temen tapi nggak pernah komen postinganku. Hadu hadu kan ntar dikira sok sok ada yang request. Ahahahaha tapi nggak apaapalah, ikhlas kok wkwk
Orangtua ? pas denger tentang hal ini yang terlintas bukan hanya tentang orang yang udah renta, atau yang lemah dengan rambut beruban loh tapi tentang dua sosok manusia yang kita sebut Ayah dan Ibu. Siapa sih mereka ? Semua di dunia ini pasti punya keduanya yaitu seorang ayah dan seorang ibu, yah kecuali nabi isa as yang memang terlahir tanpa seorang ayah (itulah tanda kekuasaan Allah)
Waktu kecil dulu buat aku orang tua itu nyebelin, hehe entah itu Cuma aku yang rasain atau juga kalian semua yang rasain. Entahlah. Kenapa waktu kecil buat aku orangtua itu nyebelin ? Alasannya banyak tapi yang paling utama itu adalah mereka yang selalu ngatur kita. Hehehe Pas enak main eh dipanggil disuruh tidur siang, mau pergi diteriakin katanya jangan main jauh-jauh, kotor dikit diomelin katanya makanya jangan main inilah itulah, hemm, pas nonton TV dipanggil disuruh makan, disuruh mandi, disuruh belajar, haduuuuh males kan ? nyebelin kan ? Aku bilang apa pas ? kecil itu orangtua pasti nyebelin. Hehehe ayah ibu maaf ya Cuma cerita apa yang aku rasain kok. Hehehe
Hem perasaan nyebelin kadang ilang sih pas ayah atau ibu pulang bawain aku ice cream, snack, atau bakso. Ini momen yang buat anak kecil baru masuk TK senengnya minta ampun apalagi kalau dibeliin mainan baru rasanya tuuu….emmmmm terbang-terbang gitu deh hahaha mulai alay deh aku. Tapi beruntunglah aku itu anak bungsu jadi apa-apa mesti aku yang dimanja dan pasti aku yang diutamain duh senengnya terlahir sebagai anak bungsu, Allah baik deh
TK setahun udah cukuplah buat aku, capek kan lama-lama ditempat yang disebut sekolah tapi namanya “Taman Kanak-Kanak”, jadi bingung itu sekolah apa taman sih ? hahaha Ok masuk SD, wah keren tuh pakek baju putih merah banyak temen baru juga sih. Dianter ibu ke sekolah baru, abis itu dicariin tempat duduk sama saudara yang juga sekolah disitu, katanya “Jangan mau kalu dipindah, ini dulu tempat dudukku pas kelas 1” hahaha aku ya waktu itu nurut aja tapi sekarang jadi mikir itu kursi warisan kali ya turun temurun gitu. Hahaha
Udah-udah yah jadi bahas sekolah deh, balik ke topic tentang orang tua. Ini pas SD pimikiran tentang orangtua yang nyebelin bukan ilang malah makin jadi tapi ada sisi yang nambah sih yaitu perhatian. Duh inget pas tiap sekolah pasti ibu nyiapin semua kebutuhanku dari mulai seragam, sepatu, buku pelajaran beserta tasnya. Hahaha ada lagi kebiasaan dimandiin pagi-pagi juga belum ilang katanya kalau mandi sendiri nggak bersih. Hehe Best momennya lagi itu kalau ada PR tiap malem ditanyain tuh kalau udah nggak tau baru deh tuh diajari, duh so sweet banget kan ibu aku
Naik kelas kirain bakal tetep diperhatiin gitu eh malah beda, makin banyak tugas mulai disuruh ngafalin juga tuh sama yang namanya “PERKALIAN” sama ayah. Waktu main jadi terbuang gara-gara ngafalin jadi tambah kesel, mulai juga diajari yang namanya sholat 5 waktu, dimasukin ke tempat ngaji, huhu awalnya kesel waktu main semakin sempit tapi akhirnya lama-lama seneng juga.
Nah SMP, dimasa ini orangtua itu seperti musuh tau nggak, ngekang banget. Yah kalau dimasa ini udah wajarkan remaja kenal sama yang namanya cinta, normal bukan ? Tapi ya bagi orangtua cinta itu “Larangan” apalagi pacaran bagi mereka itu bukan Cuma larangan tapi racun, terus kita sebagai remaja harus gimana ? perasaan suka sama lawan jenis itu datang sendiri kayak mukjizat gitu. Huh keselnya itu pas smsan sama si dia, kadang-kadang bikin was-was pas HP diambil dan orangtua kepoin kita smsan sama siapa. Kan kan berasa dikekang, di masa inilah mulai deh tuh benci sama yang namanya orangtua, mau ngumpul sama temen dianterin, diingetin katanya jangan macem-macem, emang aku ngumpul mau ngapain ? mau ledakin pasar ? haduuuh ya maklumlah aku kan cewek ya jadi dijaga banget pergaulannya. Mulai ngerasa nggak betah hidup bareng mereka tapi kalau nggak sama mereka bisa nggak makan aku, hehe
Meski udah dilarang abis-abisan buat pacaran, namanya juga masa remaja aku mulai sedikit bandel aku tetep pacaran sama temenku tapi kita pacaran wajar wajar aja kok sekedar jadi temen smsan gitu, ada yang merhatiin sampek-sampek perhatian pacar itu lebih asyik daripada perhatian orangtua. Tapi belajar harus tetep, malah saingan buat dapet nilai tertinggi sama pacar, dan Alhamdulillah kita berhasil bertahan peringkat 1 2 gitu, duh kok jadi mengenang masa lalu ya ?
Pas SMA, semua berubah total. Aku mulai ngerti maksud dan tujuan dari orangtua kenapa memperlakukan aku kayak gitu pas kecil dulu. Aku merubah semua pikiran tentang orantua yang nyebelin pas SMA, sekarang buat aku orangtua itu “HERO”. Aku sayang banget sama mereka, semua yang aku mau selalu dikasih selalu diusahain, mereka buat aku bukan sosok nyebelin lagi tapi mereka itu udah jadi semangat buat aku, mereka tujuan utama untuk aku. Sekarang aku kangen masa kecilku dulu, dan sekarang coba renungkan ini.
Ketika kamu melihat bayi baru lahir disekitarmu, perhatikan mereka, apa yang bisa mereka lakukan ? Menangis ! Hanya itu, mereka lapar nangis, mereka haus nangis, mereka sakit perut nangis, hanya menangis menangis dan menangis. Tiap malam bangun nangis hanya karena ngompol lalu siapa yang akan menghentikan tangis mereka ? Ibu mereka yang akan berusaha untuk menghentikan tangisan itu. Kalian tau ? itu juga yang dilakukan ibu kita dulu ketika tak ada yang bisa kita lakukan selain menangis.
Apa dulu kita bisa berjalan saat menjadi balita ? Apa kita bisa bermain sepeda ? Tidak ! Tapi ayah dan ibu kita menjadi penyemangat untuk kita, mereka bangunkan kita ketika kita terjatuh saat belajar berjalan, mengikuti kita saat belajar bersepeda lalu mereka berkata “Ayo nak, kamu pasti bisa. Kalau jatuh pasti cepet bisa”. Setiap kita melakukan hal yang baik mereka beri kita hadiah. Lalu jika kita salah kita dimarai, tapi akankah kalian tau itu dilakukan untuk mendidik kita menjadi manusia hebat. Itu lebih dari hadiah paling berharga.
Aku sekarang mulai kangen ketika kecil setiap mau main nungguin ayah pulangkerja  untuk mencium tangannya, nunggu buku cerita yang ayah bawa dari sekolahnya, dimarai ayah kalau aku main jauh-jauh, main disungai, main dijalan, dan main dimana-mana. Aku kangen pas pagi ibu nyiapin peralatan sekolahku, ayah yang mengantarkanku sekolah, ibu nyuapin aku makan, ayah yang mengajari aku sholat, ibu mandiin aku, nyuruh aku tidur siang, dan semua kisah masa kecil yang dulu aku anggap menyebalkan sekarang semua mengesankan, buat aku itu berkat mereka AYAH dan IBU
Siapa ayah ? Ayah ?  buat aku sosok itu panutan, dia hero, dia pekerja keras, dia hebat, dia kuat, dia bijak, dia segalanya yang baik-baik. Dia cinta dan dia kasih sayang. Sekarang sosok itu rambutnya mulai beruban tapi dia tetap sama terlihat tampan. Ayah itu keren banget, dia bekerja buat kita, dia mendidik kita dengan cintanya, semua yang dilakukannya hebat. Kalau harus mendeskripsikan tentang sosoknya dengan kalimat itu sulit, rasa kagum ini nggak bisa aku tulis  hanya dengan kata. Yang pasti buat aku dia imam terbaik, kalau nanti aku nikah aku mau cari suami kayak ayah karena aku tau lelaki seperti ayah akan membimbingku menjadi manusia yang lebih baik.
Lalu siapa ibu ? Ibu itu buat aku hidup, dia cinta, dia kasih sayang dan dia ketulusan. Sekalipun kalian menghitung bintang sebagai sebuah kebaikan, banyaknya bintang masih tak seberapa dengan banyaknya cinta, kasih sayang dan pengorbanan seorang ibu. Siapa pahlawan yang kalian kagumi ? Kalau aku “IBU”, karena tak ada pahlawan yang bener-bener rela mengorbankan hidup (nyawa)nya hanya untuk membuat kita merasakan hidup dan bernafas di dunia. Sekalipun spiderman, batman, hulk, atau apapun sehebat-hebatnya mereka, mereka hanya fiktif belaka tapi tidak dengan ibu, pengorbanannya nyata.
Kawan, aku nggak mau munafik memang terkadang bahkan sering tuh kita ngelawan perintah orang tua, kadang juga ngomel pas kita dimarai, iya kan ? ayo ngaku ! hahaha tapi kawan, ayo yo bareng bareng sedikit demi sedikit kita rubah kebiasaan itu, kita hormati mereka, kalau mereka marah cukup dengerin aja jangan dilawan ya. Ingat gimana kesediaan mereka yang selalu ada buat kita dari kecil sampai sekarang, karena bagi mereka sampai kapanpun bahkan sampai kita sendiri menjadi kakek atau nenek, mereka masih akan selalu menaganggap kita anak kecil, dan cinta mereka akan selalu sama.
Sebentar lagi, aku bakal jauh dari mereka. Karena aku bakal tinggal di jogya, aku pasti kangen banget ciuman ayah dan ibu setiap pagi kalau aku mau berangkat sekolah, 18 tahun ciuman itu selalu mendarat dipipiku tiba-tiba pas di jogya nggak ada lagi deh tuh ciuman dari ayah dan ibu. Pasti bakal kangen banget deh sama mereka. Huhu sedih
Tapi nggak papa, ayah ibu aku nggak bakal ngecewain kalian. Aku janji dan aku bersumpah, kebahagiaan kalian itu tujuan utamaku saat ini. Aku masih akan terus menulis mimpiku lebih jauh dari apa yang bisa aku lihat, aku yakin Allah selalu meridhoi niat yang baik dan Allah akan selalu memberi jalan. Ijinkan aku untuk membahagiakan kalian.
Wassalamualaiku.
Anakmu, Arifah J

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumasuki Kisah Baru 5 bulan di kota Baru

                Sejenak, waktu akhirnya menggiringku untuk mengingat kembali blog ini, haha yaya aku lama tak menyentuhnya dengan tulisan-tulisan mungil ini. Entahlah aku yang sibuk atau seolah menyibukkan diri saja ? Tugas kuliah itu banyak banget ditambah lagi kegiatan UKM yang aku ikuti. Tapi yah inilah revolusi waktu yang tetap harus aku jalani. Rasanya baru kemarin aku menulis cerita tentang mimpiku di UGM sekarang udah lagi UAS , sungguh waktu mengajak kita berjalan dengan cepat.                 Mengikuti arus kisah,,,sekarang sudah januari 2015 menandakan   4 deret angka “2014” telah tersubsitusi menjadi “2015” dan masa baru kembali dimulai. Banyak hal yang sudah aku lakuin di Jogjakarta selama 5 bulan ini, jika ini sebuah perjuangan aku tahu ini tak akan sia-sia. Sekarang aku ceritain 5 bulan yang berlalu secara cepat itu Aku aktif di 2 UKM yaitu “Balairung”, ukm untuk para pemuda berjiwa jurnalis. UKM yang menggelarkan pena-penanya untuk menelisik fakta disetiap peris

Kenangan masa kecil yang baik (Part 2)

Mendidik seperti ibu mendidik Aku suka bingung untuk melanjutkan setiap “part” kenangan masa kecilku dari mana. Inginnya sih urut, tapi menulis sesuatu yang sengaja dipikirkan dengan sistematis malah membuatku tidak menghasilkan apa-apa, selain hanya keinginan agar ceritanya urut dan tertata. Makanya, aku memilih untuk menuliskan apapun yang tiba-tiba teringat dikepalaku. Tentang masa kecilku. Kali ini tentang ibu. Tentang bapak juga banyak kok. Tapi ibuk dulu ya pak. Hehe. Mendidik seperti ibu mendidik. Banyak hal yang kelak jika aku sudah menjadi ibu, aku ingin mentreatment anakku seperti ibu memperlakukanku.  Sederhana tapi begitu berkesan bagiku hingga saat ini. Dulu ketika aku masih sekolah dari SD, SMP sampai SMA, setiap kali mau Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester dan Ujian Nasional, ibu adalah orang yang juga akan menyiapkan banyak hal, mungkin maksudku banyak keperluan. Ketika jadwal ujian keluar, pulang sekolah aku akan bilang pada ibu “Adek uji

Jogja, Wulan Pulang !

Episode 1.... Jogjakarta adalah kota yang entah darimana asalnya selalu bisa menjadikan setiap yang datang menemuinya jatuh cinta. Menemui jogja dan menjalani banyak kisah disana adalah sebuah takdir Tuhan yang paling istimewa. Begitu pula bagi Wulan dan Damar. Dua orang anak manusia yang kemudian bertemu di Jogja dan kemudian diputuskan oleh Tuhan untuk menjalani banyak cerita. Wulan Waktuku dengan Jogja sudah selesai, tempat ini sudah sangat baik mau menerimaku selama 4 tahun lebih, membangun banyak cerita. Mempertemukanku dengan banyak manusia. Jogja sungguh adalah kota yang tidak bisa lagi aku rangkai dengan kata, dia adalah rasa-rasa yang pada setiap sudutnya aku titipkan cerita. “Damar, aku akan pulang tanggal 10 Desember nanti,” akhirnya aku berani memberitahu Damar tentang rencana kepulanganku ke Sumatera. “Oh iya? Cepet banget? Katanya kamu mau tinggal disini?” hanya itu respon yang Damar katakan. “Yah, ayah menyuruhku pulang. Aku sudah selesai dengan kota ini. G