Langsung ke konten utama

Sepenggal Kisah dari Jogya



Bismillahirrahmanirrahim Assalamualaikum wr wb
Setelah bercerita sedikit kisah tentang cita-cita sampai akhirnya keterima di UGM, sekarang aku mau cerita tentang kisah-kisah baruku di Jogyakarta selama bulan juny. Hehe
Eh lupa di page sebelumnya aku belum cerita kan alasanku kokoh banget pengen kuliah di UGM ? Nah aku mau certain disini aja deh.
Sejak  masuk kelas X, aku nggak pernah sedikitpun pikiran untuk kuliah di universitas lain selain Universitas Jember (UNEJ) karena menurutku lebih deket dari orangtua. Semua temenku kalau ditanyak tentang kuliah mereka jawabnya mau kuliah di UB, di UNAIR, di UM dan di Universitas keren lainnya tapi aku tetap “Aku mau kuliah di UNEJ aja” kata ini selalu jadi jawabanku.
Nah, kelas XI pun masih tetap sama. Sampai study tour merubah semuanya. 3 hari mengenal kota Jogya membuatku mengagumi kota itu, kota penuh sejarah, kota paling damai, kota pelajar, pokoknya di pandanganku Jogya itu keren banget. Tapi nggak tau kenapa saat semua temanku belanja banyak di malioboro aku nggak, pengen tapi males berasa kalau suatu hari nantik aku bakal balek lagi ke kota ini, entah dalam rangka apa. Aku berharap ya semoga saja.
Hari kedua di jogya, aku berkunjung ke kampus tertua di Indonesia “Universitas Gadjah Mada”, Satu kata pertama yang keluar ketika memasuki area kampus adalah “WOW” ini kampus keren banget, gede banget dan bagus banget. Sebelum menuju auditorium aku dan sebagian teman foto-foto bareng di Graha Sabha Pramana, yah buat kenang-kenangan gitu. Bukti kalau kita pernah menginjakkan kaki di kampus itu. Hehe
Untuk sampai di auditorium, kami harus melewati beberapa fakultas salah satunya fakultas ekonomi dan pendidikan dokter. Jadi, berasa yang bisa kuliah disini pasti orang-orang hebat. Nah pas kita mau meninggalkan itu kampus, aku sempet bercanda sama temenku namanya echa, ya aku iseng-iseng nanyak “Kamu pengen nggak kuliah disini ?”dengan sigap dia jawab “Kalau Cuma pengen sih ada,tapi nggak ada niatan buat nyoba, kalau kamu ?” hahaha saat itu aku jawab “Nggak deh terlalu jauh, tapi pengen juga sih” hahaha tapi meskipun itu jawaban jujur di dalam hati seperti ada bisikan bahwa kampus ini bakal aku lihat lagi dan suatu hari nanti aku akan menginjakkan kakiku lagi disini sebagai mahasiswa di kampus ini, sampai aku bener-bener meninggalkan UGM perasaan aneh itu tetep ada tapi entahlah.
Nah setelah hari itu, kelas XI semester 2 aku mulai terobsesi untuk bisa kuliah di UGM kampus yang kemaren seolah-olah memanggilku. Apa mungkin perasaan akan kembali ke jogya itu adalah pertanda bahwa aku akan diterima di UGM dan akan tinggal di jogya selama beberapa tahun ? Dan benar seperti di page sebelumnya aku berhasil diterima di UGM dan akan menempuh pendidikan di kota itu minimal selama 4 tahun, pertanda dan keyakinan itu luar biasa. hehe
Sudah sampek situ bahas alasan kenapa milih UGM, sekarang kita bahas kelanjutan cerita setelah pengumuman SNMPTN tanggal 27 Mei 2014
Aku menunggu pengumuman untuk registrasi selanjutnya, di persyaratan yang aku download dari web resmi UGM cuma disuruh scan beberapa berkas sih , nggak ribet kayak temen-temen lainnya yang sampek ada rekening listrik, PBB, luas tanah dan lainnya. Tapi ternyata aku harus mengisi formulir registrasi yang banyak banget sama kayak yang lain ada tagihan listrik, pajak tanah, luas tanah, penghasilan ortu, dls. Yang pertama dibingungin adalah ada No ijazah yang harus diisi tapi masalahnya ijazah kan belum keluar. Bingung deh, sampek aku bolak balik legalisir rapot, bikin SKHUS, Bikin SKL, dan banyak hal lagi. Tapi meski sempet bingung sampek hubungi anak sekolah tetangga yang juga keterima di UGM, dan Alhamdulillah dia cukup membantu sampai akhirnya aku selesai melakukan registrasi online.
Tanggal 11 Juni 2014, hari penentuan UKT. Aku sempet merasa takut juga gima kalau mahal ? soale ayahku sudah bilang kalau mahal dia nggak akan bisa, meskipun ayah seorang PNS tapi dia masih harus membiaya mas dan mbakku. Tapi aku sudah pasrahkan semua pada Allah, yang aku yakini bahwa Allah tidak akan memberikan biaya yang diluar batas kemampuan ayah. Hehehe
Nah, pas aku ke warnet aku buka tuh web resmi UGM dan taraa aku dapet UKT 6 juta per semester, duh dapet UKT golongan 5, UKT tertinggi. Nah pas bilang ke ayah, ayah bilang ya udah nggak papa, nggak terlalu mahal. Tapi masih sempet bingung juga, ini yang harus di bayarkan dulu berapa ? tapi ternyata yang harus dibayarkan dulu ya 6 juta itu.
Nah, di laman itu aku disuruh mencetak jadwal, aku sempet bingung jadwal apa dan aku langsung shock banget pas liat di jadwal ada beberapa tes yang harus aku lewati ? “Ha ? tes lagi ? Dan yang bikin tambah shock ada tes kemampuan bahasa Inggris, pelajaran yang paling tidak aku kuasi. Ya Allah ujian apa lagi ini, tapi apapun itu aku yakin bisa. Nah pas malem itu juga ayah menyuruhku untuk les privat toefl di guru privat, bayangkan 3 hari waktu yang dibutuhkan untuk belajar sebelum aku ke jogya karena tanggal 15 juny aku sudah harus go to Jogya. Nah setelah melakukan pembayaran UKT tanggal 13 Juni, tanggal 15 tepat jam 6 pagi aku berangkat ke jogya bersama temanku yang keterima di UNY namanya Mira, dia keterima di pendidikan seni tari. Padahal awalnya aku udah mau pesen tiket kereta. Tapi, namanya rejeki dari Allah ya nggak disangka-sangka aku di beri lagi satu kemudahan karena temanku itu ayah ibunya asli Jogya dan punya saudara disana jadi selama disana kita bisa nginep dirumah saudaranya Mira, udah gitu saudaranya dia juga udah nyariin kosan buat kita J subhanallah
Pas jam 9 malam, aku tiba di Jogya, dan bermalam dirumah saudaranya mira. Paginya kita langsung survey lokasi, awalnya kita muter-muter UNY terus langsung muter ke UGM, Ya allah subhanallah ini untuk kedua kalinya aku menginjakkan kaki di UGM dan ini bener-bener kayak mimpi aku bener-bener kembali ke Jogya sebagai Calon Mahasiswa Baru kampus ini. Dan yang bikin aku kaget lagi ternyata UGM sama UNY itu deket banget bahkan ada beberapa fakultas UNY dan UGM Cuma berjarak jalan. Duh, kerennya..UGM, yang dulu cuma bisa aku liat di TV, cuma bisa aku baca di Koran sekarang bener-bener di depan mataku sendiri sebagai calon kampusku. Hahaha Alhamdulillah ya Allah
Nah, tanggal 17 Juni 2014 jam 10.30 pagi aku harus menjalankan tes Toefl di gedung GSP (Grha Sabha Pramana), itu tuh gedung yang dulu aku foto pas study tour. Hehe sebentar lagi aku bakal masuk ke dalamnya. Duh kayak apa ya.
Sebelum cus ke UGM, kita cus ke UNY dulu soalnya Mira harus verifikasi di UNY dulu dari pagi. Pas liat twitter aku langsung kaget karena ada tweet yang bilang kalau GSP udah rame padahal masih jam 8, trus aku langsung berangkat ke UGM. Nah disana aku liat nama-nama ternyata itu jadwal untuk tes pagi, dan Alhamdulillah aku ketemu sama cewek dari Jambi namanya Aulia, ternyata di satu prodi sama aku sama-sama kimia murni. Ya bersyukurlah aku punya temen. Karena kita sama-sama anak rantau jadi langsung akrab deh, sekitar jam 9 gitu au labngsung liat no tesku dan ternyata aku deket juga sama Aulia. Pas kita mau masuk ke GSP, sempet kenalan juga sama beberapa anak yang satu prodi namanya Qia dan Ipit. Hehe baru hari pertama udah banyak temen. Keren banget deh.
Pas masuk ruang GSP, aku ngerasa ini kayak mimpi. Dari luar itu gedung udah keliatan Gede ternyata di dalemnya lebih gede lagi. WOW, kalian tau nggak ternyata GSP itu adalah gedung kalau kita wisuda nantik, nggak kebayang deh ntar aku bakal di wisuda di sana. Aamiin aamiin
Sebelum tes dimulai, disekitar tempat duduk tanpa meja itu, banyak anak kimia murninya. POkoknya banyak deh, kita kenalan satu-satu tapi yak arena banyak ya jadi kenalan udah itu langsung lupa, hehe Cuma sebagian doing yang aku inget.
3 jam ngerjain soal dengan bahasa yang nggak aku ngerti itu rasanya seperti makan sesuatu yang asing dan nggak ada rasanya, hambar.Pokoknya ntar kalau kalian keterima di UGM kalian pasti ketemu deh sama tes ini, ntar ada 5 sesi gitu deh, tapi tenang itu Cuma formalitas untuk tau kemampuan kalian kok. Kalian tetap resmi jadi mahasiswa baru UGM. Hahaha ya ampun aku  maba UGM tapi bahasa inggris nggak tau, hina banget kan ?. Tapi aku harus tetap berusaha buat tau. Harus.
3 jam selesai, Alhamdulillah yah. Hehehe. Pas keluar dari GSP sumpah kaget di luar pintu udah kayak orang-orang demo bawa plang bertulis nama prodi masing-masing. Aku dan anak-anak kimia lainnya langsung ke kakak-kakak yang bawa Tulisan KIMIA. Kita langsung dibawa ke bawah, dan baris kayak orang antri sembako, lucu banget deh. Hahahah. Udah gitu kita langsung digiring buat jalan-jalan ke fakultas mipa, katanya sih pengenalan program pascal. Pascal itu nama ospek prodi kimia. Keren dah pokoknya, kakaknya ramah-ramah berasa mereka adalah keluarga. Mereka ngayomi banget, setelah sholat, ngukur jas, dan sebagian kegiatan lainnya kita sempet foto-foto bareng. Hahaha udah speechless banget deh waktu itu. Kegiatan berakhir jam 5 sore, aku langsung telfon ayah mintak jemput di depan GSP. Aku jalan kaki deh tuh ke GSP, cukup jauh juga sih atpi kan sama temen yang nginep di wisma UGM, jadi nggak begitu kerasa capeknya. Kita misah di depan pertigaan jalan, tapi sampek jam setengah 6 malam aku belum di jemput, untungnya tambah malam kok kampus tambah rame ya. Hehehe setelah berkali-kali hubungi supir mobil temenku itu katanya dia nggak tau aku dimana, yah aku akhirnya nyuruh dia jemput ke tenpat pas ngater aku tadi. Aku jalan deh tuh dari pertigaan ke wisma menuju jalan sosio humaniora, sendirian malem-malem tapi tumben nggak ada rasa takut, udah ngerasa itu kampus sendiri gitu. Akhirnya ketemu juga, langsung deh cus rumah saudaranya mira. Hari pertama yang mengesankan di UGM. Keren-keren :D
Besoknya tanggal 18 juni aku masih harus tes TPA di fakultas kedokteran gigi gedung subagyo ruang E, berhubung itu hari itu ayah dan ibu udah balik ke Bondowoso aku dianter pakek motor sama kakak UNY yang kebetulan keponakan sopir mobil temenku itu. Yah karena aku udah biasa ngerjain soal TPA di tempat bimbel, jadi soal-soal TPA berhasil aku libas dengan baik. Heheh tapi hari itu nggak ada yang special-spesial banget sih.
Besoknya aku masih harus registrasi lagi ke direktorat pancasila, dijalan-jalan mau ke GSP tu. Biasanya antrian baru dibuka jam 8 karena jam set 8 udah banyak yang dating pas jam setengah 8 itu antrian dibuka. Hahaha waktu ambil antrian yang lucu, kan per 10 orang tuh ya yang bisa ngambil antrian. “10 orang dari kimia’ kita dari prodi kimia yang 90 orang dan kebanyakan cewek itu langsung nyerbu satpam yang ngasih no antrian, klabakan sendiri deh tuh. Hahahaha kasihuun, tapi akhirnya semua berjalan lancar nggak butuh waktu lama buat registrasi. Dan yang wow to the wow, dari direktorat kita disuruh langsung ke gelanggang mahasiswa untuk ambil Almamter, yey aku resmi jadi Mahasiswa Baru Universitas Gadjah Mada. Senengnya itu subhanallah deh.
Setelah hari itu, aku masih harus menetap di Jogya nemeni Mira sampek tanggal 25 kenapa ? karena dia harus tes keshatan dulu. Karena rumah saudaranya Mira jauh dari kota ya kita nggak bisa keman-mana deh Cuma dirumah aja kerjanya. Sampek akhirnya kita hubungi kakak kelaskita yang keterima di UII Alhamdulillah dia baik mau ngajak kita jalan-jalan. Ya meski Cuma ke malioboro dan makn tapi lumayanlah bisa keliling Jogya kita pulang kira-kira jam 7 malem gitu.
Rencana awal aku sama mira mau pulang naik kereta, tapi sayang kita kehabisan tiket kereta dan terpaksa harus naik Bis deh tanggal 26. Tanggal 26 kita beres-beres dan jam 5 kita cus terminal, sekitar jam 7 bis berangkat menuju kota jember.
Dan I’am Come back Bondowoso, kangen banget aku sama kota itu, sebenernya bukan sama kotanya sih tapi sama temen-temen dan sahabat-sahabatku. Hehehe
Ntar aku akan kembali lagi ke Jogya tanggal 10 agustus 2014, buat persiapan PPSMB (nama ospeknya UGM) hehehe
Udah dulu ya ceritanya, ntar pas ada cerita lainnya. Aku pasti cerita lagi, jangan bosen ya baca ceritaku meski panjang dan GJ gitu. Heheh ini ceritaku mana ceritamu ?
Udah deh ya, aku Arifah Tri Jayanti, Salam Semangat
Wassalamualaikum wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumasuki Kisah Baru 5 bulan di kota Baru

                Sejenak, waktu akhirnya menggiringku untuk mengingat kembali blog ini, haha yaya aku lama tak menyentuhnya dengan tulisan-tulisan mungil ini. Entahlah aku yang sibuk atau seolah menyibukkan diri saja ? Tugas kuliah itu banyak banget ditambah lagi kegiatan UKM yang aku ikuti. Tapi yah inilah revolusi waktu yang tetap harus aku jalani. Rasanya baru kemarin aku menulis cerita tentang mimpiku di UGM sekarang udah lagi UAS , sungguh waktu mengajak kita berjalan dengan cepat.                 Mengikuti arus kisah,,,sekarang sudah januari 2015 menandakan   4 deret angka “2014” telah tersubsitusi menjadi “2015” dan masa baru kembali dimulai. Banyak hal yang sudah aku lakuin di Jogjakarta selama 5 bulan ini, jika ini sebuah perjuangan aku tahu ini tak akan sia-sia. Sekarang aku ceritain 5 bulan yang berlalu secara cepat itu Aku aktif di 2 UKM yaitu “Balairung”, ukm untuk para pemuda berjiwa jurnalis. UKM yang menggelarkan pena-penanya untuk menelisik fakta disetiap peris

Kenangan masa kecil yang baik (Part 2)

Mendidik seperti ibu mendidik Aku suka bingung untuk melanjutkan setiap “part” kenangan masa kecilku dari mana. Inginnya sih urut, tapi menulis sesuatu yang sengaja dipikirkan dengan sistematis malah membuatku tidak menghasilkan apa-apa, selain hanya keinginan agar ceritanya urut dan tertata. Makanya, aku memilih untuk menuliskan apapun yang tiba-tiba teringat dikepalaku. Tentang masa kecilku. Kali ini tentang ibu. Tentang bapak juga banyak kok. Tapi ibuk dulu ya pak. Hehe. Mendidik seperti ibu mendidik. Banyak hal yang kelak jika aku sudah menjadi ibu, aku ingin mentreatment anakku seperti ibu memperlakukanku.  Sederhana tapi begitu berkesan bagiku hingga saat ini. Dulu ketika aku masih sekolah dari SD, SMP sampai SMA, setiap kali mau Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester dan Ujian Nasional, ibu adalah orang yang juga akan menyiapkan banyak hal, mungkin maksudku banyak keperluan. Ketika jadwal ujian keluar, pulang sekolah aku akan bilang pada ibu “Adek uji

Jogja, Wulan Pulang !

Episode 1.... Jogjakarta adalah kota yang entah darimana asalnya selalu bisa menjadikan setiap yang datang menemuinya jatuh cinta. Menemui jogja dan menjalani banyak kisah disana adalah sebuah takdir Tuhan yang paling istimewa. Begitu pula bagi Wulan dan Damar. Dua orang anak manusia yang kemudian bertemu di Jogja dan kemudian diputuskan oleh Tuhan untuk menjalani banyak cerita. Wulan Waktuku dengan Jogja sudah selesai, tempat ini sudah sangat baik mau menerimaku selama 4 tahun lebih, membangun banyak cerita. Mempertemukanku dengan banyak manusia. Jogja sungguh adalah kota yang tidak bisa lagi aku rangkai dengan kata, dia adalah rasa-rasa yang pada setiap sudutnya aku titipkan cerita. “Damar, aku akan pulang tanggal 10 Desember nanti,” akhirnya aku berani memberitahu Damar tentang rencana kepulanganku ke Sumatera. “Oh iya? Cepet banget? Katanya kamu mau tinggal disini?” hanya itu respon yang Damar katakan. “Yah, ayah menyuruhku pulang. Aku sudah selesai dengan kota ini. G